Friday, October 13, 2017

PERIHAL PENGGUNAAN KOMPUTER DI DALAM ADMINISTRASI PERKANTORAN


PERIHAL PENGGUNAAN KOMPUTER DI DALAM ADMINISTRASI PERKANTORAN

Dalam era globalisasi dewasa ini, dimana dunia semakin terasa sempit karena kemajuan teknologi, terutama di bidang informasi, komunikasi dan teknologi, terlihat tuntutan tugas bagi semua pihak yang semakin meningkat dan semakin berat. Proses pelaksanaan administrasi dapat dipercepat dan dipertepat serta praktis dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut, di samping dengan menggunakan cara kerja yang sesuai dengan prinsip-prinsip administrasi, organisasi dan manajemen yang moderen.

Sejalan dengan semakin meningkatnya kegiatan yang harus dilakukan mulai dari mengumpulkan, menginterprestasi, menyimpan dan menyalurkan data kepada pemakai, maka pada abad teknologi sekarang ini penangannannya akan lebih efisien dan ekonomis apabila dilakukan dengan menggunakan alat-alat elektronis seperti komputer dalam mengolah data menjadi informasi. Komputer dapat bekerja dengan sangat cepat dalam mengolah data, menganalisa data, mengklasifikasi data, menyimpan data dan mengambil data dari tempat penyimpanannya, maka sangatlah tepat bila organisasi yang kegiatan-kegiatannya banyak dan kompleks untuk memanfaatkannya.

Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi meningkatkan produktivitas kerja pegawai. Peran komputer dan teknologi komunikasi diyakini mampu meningkatkan produktivitas kerja dengan tingkat akurasi, kecepatan dan kemudahan yang tinggi. Penggunaan aplikasi komputer yang merupakan ringkasan Sistem Informasi Manajemen kini banyak diterapkan di kantor-kantor pemerintah maupun swasta dengan sistem database yang kompleks dan terintegrasi sehingga peningkatatan produktivitas kerja pegawai meningkat sangat signifikan.

Sejalan dengan perkembangan teknologi komputer, jenis aplikasi pengolahan data pun semakin meluas, sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Macam – macam aplikasi komputer yang digunakan;

1)      Sistem Informasi Managemen (SIM)
Sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan kecil.

2)      Arsip Elektronik
Dasar  pemikiran  timbulnya gagasan  otomasi  perkantoran karena sebagian dari waktu kerja pegawai habis untuk melakukan  hal-hal yang tidak produktif, antara lain;
a. Banyaknya staf yang menghabiskan waktunya dengan membuka arsip dokumen,
untuk mencari bahan yang diperlukan.
b.      Para Sekretaris sangat sibuk dengan tugas administratifnya.
Hal-hal  tersebut  diatas  ternyata dari  sudut  efisiensi  kerja sangat merugikan. Tanggapan  mengenai  masalah diatas  adalah  dengan memanfaatkan komputer  untuk melakukan beberapa pekerjaan kantor. Diantaranya adalah masalah pengaturan arsip yang disimpan secara elektronis.
Keuntungan arsip elektronik :
§  Mudah dikirim ke bagian-bagian yang membutuhkan, melalui jalur komunikasi.
§  Pencarian dokumen mudah dilakukan.
§  Kegiatan manajemen, seperti pengaturan jadwal.
Penggunaan  teknologi baru biasanya menimbulkan  masalah  sosial, bagi pihak yang menyangsikan kegunaanya. Mereka takut  akan hilangnya kontak sosial diantara pekerja dengan kata lain komunikasi elektronik akan mengisolasi pekerja dari lingkup sosialnya.

3)      Pengolahan Kata (Word Processing).
Pengolah kata adalah suatu program aplikasi yang dirancang khusus dan mempunyai fungsi sebagai alat bantu untuk pembuatan sebuah tulisan atau dokumen pada komputer. Kata-kata dan kalimat tersebut dapat dibuat sesuai dengan keinginan kita, baik dari jenis huruf, tata letak dan lainnya.
Dahulu pengolah kata yang dikenal dan banyak digunakan adalah “Wordstar” dan “WordPerfect”. Saat ini, pengolah kata yang banyak digunakan adalah “Microsoft Word” for windows mulai dari versi word 3.X, word 6.0, word97, word2000 dan saat ini word XP. Microsoft word for windows banyak digunakan karena sudah cukup lengkap sebagai aplikasi pengolah kata dari pengetikan yang sederhana sampai yang rumit. Selain itu juga versi dari Microsoft word yang ada selalu kompatibel (dapat digunakan) dengan versi sebelumnya.
4)      Surat elektronik.
Pengiriman surat atau pesan secara elektronis, baik tulisan maupun gambar dengan beberapa cara penyampaian :
o   Melalui jalur komunikasi umum ( telepon,komputer,pos).
o   Dengan Facsimili.
o   Komputer yang terhubung dalam jaringan (LAN)

5)      Konferensi Jarak Jauh
Konferensi melalui komunikasi jarak jauh untuk menyalurkan data, suara dan gambar. Manfaat utama dari teleconferencing, dibandingkan dengan hanya mencoba untuk berkomunikasi meskipun email, faks dan pesan suara, atau bahkan satu-satu percakapan telepon adalah bahwa sekelompok orang dapat mendengar informasi yang sama pada waktu yang sama. Menggunakan pertemuan teleconference memungkinkan kelompok untuk bertemu tanpa harus berada di lokasi fisik yang sama. Hal ini secara drastis dapat mengurangi biaya perjalanan bagi perusahaan dan juga dapat membantu agar para eksekutif dan karyawan kunci yang berharga lainnya dari menjadi dikeringkan dan tertekan oleh tuntutan perjalanan. Dengan telekonferensi, orang dapat memiliki akses ke semua informasi yang mereka biasanya ada di kantor mereka sendiri, dan mereka hanya perlu untuk panggilan ke layanan telekonferensi pada waktu yang tepat.
Selain itu, bahan rapat dapat dikirim ke depan secara fisik melalui kurir atau jasa pengiriman, atau bahan dapat dikirim secara digital, melalui lampiran email yang masing-masing peserta dapat mencetak pada akhir mereka. Dalam kebanyakan kasus, teleconference host oleh sebuah perusahaan yang menyediakan layanan telekonferensi grup.

6)      Information Retrieval
Pengambilan kembali informasi/data yang telah disimpan dalam komputer.

7)      Kegiatan Manajemen.
Kegiatan ini memanfaatkan komputer untuk mengingatkan para pengelola tentang jadwal-jadwal penting,pengaturan jadwal proyek, jadwal penugasan, dll.

Namun perlu disadari bahwa komputer itu akan berarti dan berguna di dalam organisasi terutama dalam pelaksanaan tugas-tugas administrasi seperti di sebutkan di atas apabila ditunjang dengan kemampuan manusia yang mempergunakannya. Tegasnya berhasil tidaknya proses komputerisasi sangat tergantung dalam setiap organisasi. Jadi komputer adalah hanya merupakan alat bagi manajemen dalam melaksanakan aktivitas-aktivitasnya.





 DAFTAR PUSTAKA



         manajemen-kantor/










No comments:

Post a Comment