1. Pengertian dan ruanglingkup
:
1.1.Definisi Manajemen Personalia
1.2. Sistem kepegawaian
1.3. Manfaat informasi kepegawaian bagi suatu instansi.
2. Perencanaan dan pengadaan pegawai :
2.1. Analisa pekerjaan/jabatan
2.2. Formasi pegawai
2.3.Proses penerimaan pegawai
2.4.Orientasi
2.5.Pengangkatan sebagai pegawai tetap
3. Pembinaan
dan pengembangan sumberdaya pegawai :
3.1.
Kompensasi dan penggajian
3.2.Pendidikan
dan pelatihan :
3.2.1.Pendidikan fungsional
3.2.2.Pendidikan manajerial
4. Penilaian prestasi dan kepangkatan :
4.1. Teknik penilaian
4.2. Daftar penilaian pelaksanaan
pekerjaan
4.3. Syarat dan macam kenaikan
pangkat
4.4. Daftar urut kepangkatan
4.5. Pangkat dan eselonisasi
PERTANYAAN
1.
Apa yang di
maksud dengan Manajemen dan Manajemen Personalia ?
Jawab : Manajemen
adalah suatu proses yang terdiri dari
rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian atau pengawasan, yang
dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui
pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya. Sedangkan Manajemen personalia
adalah suatu ilmu dan seni untuk melaksanakan antara
lain planning, organizing dan kontroling sehingga efektivitas dan efisiensi personalia dapat
ditingkatkan semakasimal mungkin.
2.
Jelaskan yang di
maksud Sistem Informasi Manajemen Pegawai !
Jawab : Yang dimaksud
dengan sistem informasi manajemen pegawai adalah
segala sesuatu yang menyangkut perencanaan, pengembangan, pengelolaan dan
penggunaan alat bantu teknologi informasi untuk membantu manusia dalam
menyelesaikan seluruh pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan dan
pengelolaan informasi.
3.
Sebutkan Manfaat Informasi Kepegawaian bagi suatu Instansi !
Jawab
: 1. Pelacakan
informasi data seorang pegawai akan mudah dan cepat.
2. Pembuatan laporan yang bersifat rutin dan berkala akan cepat dan
2. Pembuatan laporan yang bersifat rutin dan berkala akan cepat dan
mudah dikerjakan.
3. Mengetahui gambaran tentang nama-nama pegawai yang akan
3. Mengetahui gambaran tentang nama-nama pegawai yang akan
pensiun di masa mendatang.
4. Mengetahui gambaran tentang nama-nama pegawai yang akan naik
4. Mengetahui gambaran tentang nama-nama pegawai yang akan naik
pangkat dan mengetahui daftar kenaikan
gaji berkala di masa
mendatang.
5. Memudahkan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan
5. Memudahkan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan
kepegawaian.
6. Mendapatkan informasi tentang keadaan pegawai dengan cepat dan
6. Mendapatkan informasi tentang keadaan pegawai dengan cepat dan
akurat.
7. Mengetahui dan merencanakan penyebaran pegawai.
8. Merencanakan penerimaan pegawai baru.
7. Mengetahui dan merencanakan penyebaran pegawai.
8. Merencanakan penerimaan pegawai baru.
4.
Apa
yang di maksud Perencanaan ?
Jawab : Perencanaan adalah proses
mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu,
dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi.
5.
Jelaskan
pengertian Pengadaan Pegawai menurut Handoko (2000) !
Jawab : Menurut
Handoko (2000) pengadaan pegawai adalah
proses pencarian dan ‘pemikatan’ para calon pegawai (pelamar).
6.
Jelaskan
yang di maksud Perencanaan dan Pengadaan Pegawai !
Jawab : Perencanaan dan pengadaan pegawai ialah jumlah karyawan yang dibutuhkan atau diperlukan di
dalam suatu perusahaan/organisasi, jumlah ini tidak tergantung pada ukuran
perusahaan tapi juga tergantung pada kompleksitas dari struktur organisasinya,
rencana ekspansi dan tingkat keluar masuknya karyawan.
7.
Sebutkan Tujuan
Perencanaan Karyawan secara Formal !
Jawab : Tujuan
perencanaan karyawan secara formal adalah agar ;
1. Lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam penggunaan
sumber-sumber tenaga kerja.
2. Lebih baik dalam perencanaan dan pengembangan
karyawan.
3. Lebih berdaya guna dalam perencanaan persamaan
kesempatan bekerja bagi karyawan.
8.
Apa yang di
maksud Analisis Jabatan ? Sebutkan dan jelaskan Tujuan Analisis Jabatan !
Jawab : Analisa jabatan
atau job analysis merupakan
pencarian informasi tentang jabatan yang ada.
Tujuan analisis jabatan adalah ;
o Job Description : pernyataan tertulis yang menjelaskan tugas-tugas, tanggung jawab,
kondisi kerja, dan aspek yang lainnya.
o Job Specification : persyaratan atau karakteristik orang yang dibutuhkan untuk melakukan
suatu pekerjaan (pendidikan, pengalaman, pelatihan, dan ciri fisik dan mental).
o Job Performance Standard : Bagaimana kinerja diukur (target yang harus
dicapai, sikap, dan perilaku kerja).
9.
Apa yang di
maksud dengan Formasi ?
Jawab : Formasi
adalah jumlah dan susunan pangkat Pegawai
Negeri Sipil yang diperlukan dalam suatu satuan organisasi Negara untuk mampu
melaksanakan tugas pokok dalam jangka waktu tertentu berdasarkan jenis, sifat
dan beban kerja yang harus dilaksanakan
10. Jelaskan maksud dari Tujuan Penetapan Formasi !
Jawab : Tujuan
penetapan formasi adalah agar satuan-satuan
organisasi Negara mempunyai jumlah dan mutu pegawai yang memadai sesuai beban
kerja dan tanggung jawab masing-masing satuan organisasi. Formasi ditetapkan
berdasarkan analisis kebutuhan dalam jangka waktu tertentu dengan
mempertimbangkan macam-macam pekerjaan, rutinitas pekerjaan, keahlian yang
diperlukan untuk melaksanakan tugas dan hal-hal lain yang mempengaruhi jumlah
dan sumber daya manusia yang diperlukan.
11. Jelaskan Rekrutmen menurut Faustino Cardoso Gomes
(1995:105) !
Jawab : Rekrutmen menurut Faustino Cardoso
Gomes (1995:105) merupakan
proses mencari, menemukan, dan menarik para pelamar untuk dipekerjakan dalam
dan oleh suatu organisasi.
12. Sebutkan Tujuan Perekrutan !
Jawab : Tujuan
perekrutan;
· Menyediakan
sekumpulan calon tenaga kerja/karyawan yang memenuhi syarat;
· Agar
konsisten dengan strategi, wawasan dan nilai perusahaan;
· Untuk
membantu mengurangi kemungkinan keluarnya karyawan yang belum lama bekerja;
· Untuk mengkoordinasikan
upaya perekrutan dengan program seleksi dan pelatihan;
· Untuk
memenuhi tanggungjawab perusahaan dalam upaya menciptakan kesempatan kerja
13. Apa yang di maksud Orientasi ?
Jawab : Orientasi yaitu tujuan (dan bertindak
sesuai tujuan tersebut) yang hendak dicapai oleh seseorang, kelompok, serta
kumpulan atau organisasi.
14. Sebutkan dan
jelaskan beberapa Macam Orientasi !
Jawab : 1.
Orientasi seksual
Orientasi seksual atau kecenderungan seksual adalah pola ketertarikan
Orientasi seksual atau kecenderungan seksual adalah pola ketertarikan
seksual emosional, romantis, dan atau seksual terhadap laki-laki,
perempuan.
2. Orientasi Kerja Karyawan
Setiap karyawan yang tergabung dalam suatu organisasi memiliki
2. Orientasi Kerja Karyawan
Setiap karyawan yang tergabung dalam suatu organisasi memiliki
orientasi kerja masing-masing dan
kemungkinan besar karyawan satu
dengan lainnya.
3. Orientasi sekolah bahasa yang khas biasanya termasuk tur gedung dan
3. Orientasi sekolah bahasa yang khas biasanya termasuk tur gedung dan
perkenalan kepada staf,
diikuti dengan presentasi – kemungkinan lain.
4. Orientasi-Murid-Baru-, misalnya siswa yang mengikuti masa orientasi
4. Orientasi-Murid-Baru-, misalnya siswa yang mengikuti masa orientasi
siswa di SMA Seruni Don
Bosco, Pondok Indah, Jakarta Selatan
menjadi korban bullying .
5. Masih ada orientasi lain dalam bidang lain.
5. Masih ada orientasi lain dalam bidang lain.
15. Sebutkan
Syarat-syarat Pegawai Diangkat menjadi Pegawai Negeri Tetap !
Jawab : a. Telah menunjukan kecakapannya dalam melakukan
pekerjaan jabatan
serta memenuhi
syarat-syarat budi pekerti yang diperlu kan untuk
jabatan yang
dipangkunya.
b. Belum melampaui umur 35
tahun
c. Memenuhi syarat-syarat
kecakapan jasmani untuk menjalankan
jabatan Negeri.
16. Jelaskan pengertian dari Pembinaan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Pegawai
!
Jawab : Pembinaan kepegawaian adalah segala usaha dan tujuan kegiatan perencanaan,
pengorganisasian, penggunaan dan pemeliharaan pegawai dengan tujuan untuk mampu
melaksanakan tugas organisasi dengan efektif dan efisien.
Sedangkan pengembangan Sumber daya Pegawai adalah
proses pengembangan
harus dilakukan secara terus menerus dan pada hakekatnya
merupakan tanggungjawab semua pimpinan pada tiap-tiap sektor pemerintahan tanpa
memandang eselon dan kepangkatan menurut kriteria yang telah ditetapkan.
17. Sebutkan Teknik-teknik Pembinaan Pegawai menurut
Moenir !
Jawab : a. Pemberian
gaji/upah yang layak.
b. Pemberian
kesempatan dan dorongan untuk Pengembangan karier.
c. Pendisiplinan
terhadap aturan untuk mencapai efisiensi dan efektifitas
organisasi
yang tinggi.
d. Pemberian
istirahat yang memadai.
e. Pemberian
penghargaan atas jasa atau kebaktiannya terhadap
organisasi,
baik materil atau immaterial.
f. Pemberian
kesempatan berhimpun dalam organisasi pegawai.
g. Pemberian
fasilitas kerja maupun social yang adil.
h. Keselamatan,
keamanan dan kesehatan kerja.
i. Pemberian
perangsang.
j. Pemberian
atau pengaturan rekreasi.
k. Pemberian
jaminan hari tua atau pensiun.
18. Apa yang di maksud Kompensasi dan Pengajian ?
Jawab
: Kompensasi
adalah seluruh imbalan yang diterima karyawan
atas hasil kerja karyawan tersebut pada organisasi. Sedangkan penggajian adalah memberikan kompensasi untuk pegawai yang berupa
gaji sebagai kembalian finansial kepada para pegawai sebagai ganti kontribusi
mereka terhadap organisasi/instansi.
19. Sebutkan Efek Positif Kompensasi pada suatu Organisasi
!
Jawab : a.
Mendapatkan karyawan berkualitas baik.
b. Memacu pekerja untuk bekerja lebih giat dan meraih prestasi
b. Memacu pekerja untuk bekerja lebih giat dan meraih prestasi
gemilang.
c. Memikat pelamar kerja berkualitas dari lowongan kerja yang ada.
d. Mudah dalam pelaksanaan dalam administrasi maupun aspek
c. Memikat pelamar kerja berkualitas dari lowongan kerja yang ada.
d. Mudah dalam pelaksanaan dalam administrasi maupun aspek
hukumnya.
e. Memiliki keunggulan lebih dari pesaing / kompetitor.
e. Memiliki keunggulan lebih dari pesaing / kompetitor.
20. Jelaskan pengertian Pendidikan dan Pelatihan menurut
Sondang P. Siagian (1983:180) !
Jawab : Menurut Sondang
P. Siagian (1983:180) memberikan pengertian, Pendidikan adalah keseluruhan proses, teknik dan metode mengajar
dalam rangka mengalihkan sesuatu pengetahuan dari seseorang kepada orang yang
lain dengan standart yang telah ditetapkan sebelumnya. Sedangkan pelatihan adalah juga proses belajar
mengajar dengan menggunakan teknik dan metode tertentu.
21. Apa yang di maksud Fungsional dan Struktural ?
Jawab : Fungsional adalah
suatu kegiatan yg mempunyai suatu tujuan yg meliputi banyak aspek. Sedangkan struktural adalah
suatu kegiatan yang terorganisasi artinya antara tingkat atas sampai terbawah
saling berkait dgn tujuan tertentu.
22. Sebutkan kelebihan dan kekurangan Struktur Organisasi
Fungsional !
Jawab
:
Struktur
organisasi fungsional ini mempunyai beberapa kelebihan, antara lain:
·
Efisiensi
melalui spesialisasi
·
Komunikasi dan
jaringan keputusannya relatif sederhana
·
Mempertahankan
tingkat pengendalian strategi pada level manajemen puncak
·
Dapat
mendelegasi keputusan operasional sehari-hari
·
Mempermudah
pengukuran output dan hasil dari setiap fungsi
Sedangkan
kekurangan dari struktur organisasi fungsional adalah:
o
Menyebabkan
spesialisasi yang sempit
o
Dapat
mendorong timbulnya persaingan dan konflik antar fungsi
o
Mengakibatkan
sulitnya koordinasi di antara bidang-bidang fungsional
o
Dapat
menyebabkan tingginya biaya koordinasi antar fungsi
o
Identifikasi
karyawan dengan kelompok spesialis dapat membuat perubahan menjadi sulit
o
Membatasi
pengembangan keterampilan manajer yang lebih luas
23. Jelaskan arti dari Manajer dan Manajerial !
Jawab : Manajer
adalah seseorang yang mengarahkan orang lain
dan bertanggung
jawab atas pekerjaan tersebut. Sedangkan manajerial adalah
perpaduan seni dan ilmu, sebuah ilmu dalam mengatur segala sesuatunya dengan
benar.
24. Jelaskan pengertian dari Penilaian Kinerja dan
sebutkan teknik-teknik Penilaian !
Jawab : Penilaian
kinerja adalah menilai rasio hasil kerja nyata
dengan standar kualitas maupun kuantitas yang dihasilkan setiap karyawan.
Teknik-teknik penilaian yang dimaksud adalah sebagai
berikut:
§ Penilaian kinerja,
§ Penilaian sikap,
§ Penilaian tertulis,
§ Penilaian proyek,
§ Penilaian produk,
§ Penggunaan portofolio, dan
§ Penilaian diri.
25. Apa
yang di maksud dengan ( DP3) dan apa tujuan
dari ( DP3 ) ?
Jawab
: Daftar
Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) adalah
suatu daftar yang memuat hasil penilaian pelaksanaan pekerjaan seorang Pegawai
Negeri Sipil dalam jangka waktu 1 (satu) tahun yang dibuat oleh Pejabat Penilai. Sedangkan tujuan dari penilaian pelaksanaan pekerjaan adalah untuk memperoleh bahan-bahan pertimbangan
yang objektif dalam pembinaan Pegawai Negeri Sipil berdasarkan sistem karir dan
sistem prestasi kerja.
26. Sebutkan unsur-unsur Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan !
Jawab
: Unsur-unsur
yang dinilai dalam penilaian pelaksanaan pekerjaan ;
o
Kesetiaan
o
Prestasi Kerja
o
Tanggung Jawab
o
Ketaatan
o
Kerja Sama
o
Prakarsa
o
Kepemimpinan
27. Apa yang di maksud dengan Pangkat dan Kenaikan Pangkat
?
Jawab
: Pangkat
adalah kedudukan yang menunjukkan tingkatan
seseorang Pegawai Negeri Sipil berdasarkan jabatannya dalam rangkaian susunan
kepegawaian dan digunakan sebagai dasar penggajian. Sedangkan kenaikan
pangkat adalah penghargaan yang
diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian Pegawai Negeri Sipil terhadap
Negara, serta sebagai dorongan kepada Pegawai Negeri Sipil untuk lebih
meningkatkan prestasi kerja dan pengabdiannya.
28. Sebutkan syarat dan macam Kenaikan Pangkat !
Jawab : Syarat-syarat
kenaikan pangakat, yaitu :
§ Kecekapan dan prestasi kerja pegawai itu;
§ Kelayakan, pengetahuan, kemahiran dan pengalaman
pegawai itu;
§ Sifat-sifat peribadi, termasuk kesesuaiannya dengan
jawatan kenaikan pangkat itu, keutuhan, potensi dan kepimpinan pegawai itu;
§ Kegiatan luar dan sumbangan pegawai itu kepada negara
dan masyarakat; dan
§ Aspek lain yang difikirkan relevan oleh Lembaga
Kenaikan Pangkat.
Macam-macam kenaikan
pangkat, yaitu :
o
Kenaikan pangkat
Reguler; (seperti pengertian di atas)
o
Kenaikan Pangkat
Pilihan; (seperti pengertian di atas)
o
Kenaikan Pangkat
Anumerta ;
29. Sebutkan Daftar Urut Kepangkatan dan Dengan Ketentuannya
!
Jawab : Daftar urut
kepangkatan disusun secara berurutan berdasarkan:
o
Pangkat
o
Jabatan
o
Masa kerja
o
Latihan jabatan
o
Pendidikan
o
Usia
Dengan
ketentuan:
·
Apabila PNS yang
berpangkat lebih tinggi, dicantumkan dalam nomor urut yang lebih tinggi dalam
DUK. Apabila ada 2 orang atau lebih PNS yang berpangkat sama, umpamanya
sama-sama berpangkat Pembina Tk.I golongan ruang IV/b, maka dari antara mereka
yang lebih tua dalam pangkat tersebut dicantumkan dalam nomor urut yang lebih
tinggi dalam DUK.
·
Apabila ada 2
orang lebih PNS yang berpangkat sama dan diangkat dalam pangkat iut dalam waktu
sama pula, maka dari antara mereka yang memangku jabatan yang lebih tinggi
dicantumkan dalam nomor urut yang lebih tinggi dalam DUK.
·
Apabila tingkat
jabatan sama juga, maka dari antara mereka yang lebih dahulu diangkat dalam
jabatan yang sama tingkatnya itu, dicantumkan dalam nomor urut yang lebih tinggi
dalam DUK.
·
Apabila ada 2
orang atau lebih PNS yang berpangkat sama, dan memangku jabatan yang sama, maka
dari antara mereka yang memiliki masa kerja sebagai PNS yang lebih banyak
dicantumkan dalam nomor urut yang lebih tinggi dalam DUK.
·
Masa kerja yang
diperhitungkan dalam DUK adalah masa kerja yang dapat diperhitungkan untuk
penetapan gaji.
·
Dan seterusnya.
30. Apa arti Eselon dan contoh-contoh dari Tingkatan Eselonisasi
?
Jawab
: Eselon
di sebut struktur organisasi atau
jenjang kepangkatan.
Tingkat Eselonisasi
PNS :
(PP NOMOR 41 TAHUN 2007)
|
DAFTAR PUSTAKA
http://revolsirait.com/pengertian-manajemen/
No comments:
Post a Comment