PUSAT KANTOR POS SEMARANG

Di
susun oleh :
Betty Nugrahanti Mawengku 14020413060045
Citra Restu Utami 14020413060009
Galih Ayu Prabandari 140204130600
Retno
Rahma
FAKULTAS
ILMU SOSIAL dan ILMU POLITIK
D-3
ADMINISTRASI PERKANTORAN
________________________________________________________________
UNIVERSITAS
DIPONEGORO SEMARANG
TAHUN
AJARAN 2014/2015

PT Pos Indonesia Persero, Semarang.
Alamat: Jl Pemuda No 4 SEMARANG
Alamat: 024 3543271 – 3541116 – 3543267 Fax : 024 3520805
Website : www.posindonesia.co.id
Alamat: Jl Pemuda No 4 SEMARANG
Alamat: 024 3543271 – 3541116 – 3543267 Fax : 024 3520805
Website : www.posindonesia.co.id
Facebook : Posindonesia
Twitter : @posindonesi
Hasil
Survey di Pusat Kantor Pos Semarang
5W
+ 1H
1.
What ?
·
Jenis pelayanan apa saja yang tersedia
di kantor pos ini ?
Layanan Surat dan Paket:
- Pos Express
- Pos
Kilat Khusus
- EMS
Internasional
Layanan PosPay : *
Listrik
* Air
* Multi Finance
* Kartu Kredit
* Zakat/Zis
* Telepon
* Pajak
* Rekening
* TV Berlangganan
Layanan Tabungan : BTN
dan BANK Muamalat
Layanan Kiriman Uang :
Weselpos dan Remittance Kemitraan
Layanan Lainnya :
Materai, Filateli, Perangko, Sampul dan Ansuransi
2.
Where ?
·
Di mana alamat pusat kantor pos ?
PT Pos Indonesia Persero, Semarang.
Alamat: Jl Pemuda No 4 SEMARANG
Alamat: 024 3543271 – 3541116 – 3543267 Fax : 024 3520805
Website : www.posindonesia.co.id
Alamat: Jl Pemuda No 4 SEMARANG
Alamat: 024 3543271 – 3541116 – 3543267 Fax : 024 3520805
Website : www.posindonesia.co.id
3.
When ?
·
Mulai jam berapa dan hari apa saja
kantor melayani pelanggan ?
Hari
Senin – Jum’at : 07.00 s/d 20.00 WIB
dan
Hari Sabtu : 07.00 s/d 19.00 WIB
4.
Why ?
·
Alasan customer memilih kantos pos untuk
mengirim barang dan surat ?
5.
Who ?
·
6.
How ?
·
Bagaimana cara petugas kantor pos
melayani pelanggan ?
Seperti yang telah dijelaskan dimuka bahwa
untuk mengukur kualitas suatu pelayanan ditentukan oleh penelian masyarakat
pengguna jasa pos. Masyaraka pengguna jasa pos dapat menilai apakah pelayanan
tersebut telah memenuhi harapan atau belum. Jika telah memenuhi harapan maka
masyarakat pengguna jasa akan merasa puas secara tidak langsung memberikan
penilain kualitas terhadap pelayanan yang diberikan telah memenuhi harapannya.
Akan tetapi jika tidak sesuai dengan harapan maka kualitanya dinilai tidak
sesuai dengan
yang diharapkan. Untuk melihat bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan PT.
Pos Indonesia Kabupaten Semarang, berikut ini akan dijelaskan megenai penilaian
masyarakat pengguna jasa terhadap pelayanan yang diberikan. Kualitas pelayanan
disini diukur dari kehandalan (reliability), bukti
langsung
(Tangibles), daya tanggap (responsivitas).
1. Kehandalan
(reliability)
Kehandalan yaitu kemampuan memberikan
pelayanan dengan segera dan memuaskan. Kehandalan (reliability) meliputi
kecepatan, kelancaran dan kemampuan pegawai dalam melayani pengguna jasa. Kecepatan
dan kelancaran pelayanan dari Kantor Pos dilihat dari jangka waktu penyelesaian
pekerjaan. Pelayanan dikatakan lancar apabila para pegawai menyelesaikan
pekerjaan dengan tepat waktu. Hal ini berarti bahwa mereka itu tidak
menunda-nunda pekerjaannya, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan
lancar.
2.
Fasilitas fisik (Tangibles)
Fasilitas fisik yaitu kondisi sarana dan
prasarana Kantor Pos. Kantor Pos mempunyai beberapa sarana dan prasarana supaya bisa dimanfaatkan
oleh pengguna jasa Kantor pos. Kantor
Pos sebagai lembaga pelayanan tentu berusaha untuk memberikan pelayanan agar
dapat memenuhi kebutuhan dan haraan masyarakat (pelanggan). Dalam hal ini
Kantor Pos harus dapat tanggap terhadapa kebutuhan pelayanan, dan juga tanggap
terhadap kebutuhan masyarakat atas pelayanan lain yang lebih baik dan atas
keluhan yang disampaikannya. Fasilitas fisik (Tangibles) dari Kantor Pos
terlihat dari bagaimana Kantor Pos dalam memberikan atau menyediakan kebutuhan
pelayanan.kebutuhan pelayanan disini mencakup segala sarana atau peralatan yang
digunakan oleh pegawai Kantor Pos untuk melayani pelanggan. Oleh karenaitu
Kantor Pos dituntut agar mempunyai fasilitas kerja
yang memadahi agar dapat menghasilkan pelayanan yang berkualitas.
3. Responsivitas
Responsivitas adalah gambaran kemampuan
organisasi untuk mengenali kebutuhan masyarakat, menyusun agenda dan proiritas pelayanan
dan mengembangkan program-program pelayanan publik yang sesuai dengan kebutuhan
dan aspirasi masyarakat. Sikap responsivitas Kantor Pos dalam memenuhi kebutuhan
masyarakat akan pelayanan lain yang lebih baik yang diinginkan oleh masyarakat
diwujudkan dengan usahanya dalam mempercepat pengiriman benda-benda pos agar
cepat sampai tujuan, menjaganya supaya terhindar dari bahaya kerusakan dan
kehilangan serta menambah sejenis layanan yang lebih baik.
Foto-foto yang di Ambil Saat Survey




No comments:
Post a Comment