Thursday, October 12, 2017

PENGAMATAN PUSAT KANTOR POS SEMARANG



PUSAT KANTOR POS SEMARANG
undip

Di susun oleh :

Betty Nugrahanti Mawengku 14020413060045
Citra Restu Utami 14020413060009
Galih Ayu Prabandari 140204130600
Retno
Rahma



FAKULTAS ILMU SOSIAL dan ILMU POLITIK
D-3 ADMINISTRASI PERKANTORAN
________________________________________________________________
UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG
TAHUN AJARAN 2014/2015
kantor pos pusat semarangKantor Pos Besar Semarang Pemuda ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang ada di Kota Semarang. Di sebelah timurnya terdapat Gedung Keuangan Negara dan di sebelah barat terdapat STIE BPD Jateng. Bangunan ini dibangun pada saat pelayanan jasa pos di Indonesia hampir setengah abad. Sebelumnya, ketika lembaga pos yang dibentuk oleh J.P.Theben Tervile ini pada tahun 1862 mulai beroperasi, gedung yang ditempati berada di Kota Lama, berseberangan dengan kantor pelayanan jasa komunikasi di Jalan Letjend Suprapto, lebih ke arah barat. Adapun Semarang termasuk dalam tiga kota pertama di nusantara yang memelopori jasa pos. Gedung ini pernah digunakan sebagai Kantor Pos dan Telegrap, namun sekarang hanya digunakan oleh kantor pos saja. Tahun 1979 pernah dilakukan pemugaran pada gedung ini, serta penambahan ruang pada bagian belakang bangunan. Di depan Kantor Pos Besar ini terdapat tugu Titik Nol KM Semarang.

PT Pos Indonesia Persero, Semarang.
Alamat: Jl Pemuda No 4 SEMARANG
Alamat: 024 3543271 – 3541116 – 3543267 Fax : 024 3520805
Website : www.posindonesia.co.id
                 www.galeripos.om
Facebook : Posindonesia
Twitter : @posindonesi
Hasil Survey di Pusat Kantor Pos Semarang

5W + 1H

1.      What ?
·      Jenis pelayanan apa saja yang tersedia di kantor pos ini ?
Layanan Surat dan Paket: - Pos Express
-    Pos Kilat Khusus
-    EMS Internasional
Layanan PosPay : * Listrik
                  * Air
                  * Multi Finance
                  * Kartu Kredit
                  * Zakat/Zis
                  * Telepon
                  * Pajak
                  * Rekening
                  * TV Berlangganan
Layanan Tabungan : BTN dan BANK Muamalat
Layanan Kiriman Uang : Weselpos dan Remittance Kemitraan
Layanan Lainnya : Materai, Filateli, Perangko, Sampul dan Ansuransi

2.      Where ?
·      Di mana alamat pusat kantor pos ?
PT Pos Indonesia Persero, Semarang.
Alamat: Jl Pemuda No 4 SEMARANG
Alamat: 024 3543271 – 3541116 – 3543267 Fax : 024 3520805
Website :
www.posindonesia.co.id
3.      When ?
·      Mulai jam berapa dan hari apa saja kantor melayani pelanggan ?
Hari Senin – Jum’at : 07.00 s/d 20.00 WIB
dan Hari Sabtu : 07.00 s/d 19.00 WIB

4.      Why ?
·      Alasan customer memilih kantos pos untuk mengirim barang dan surat ?

5.      Who ?
·          
6.      How ?
·      Bagaimana cara petugas kantor pos melayani pelanggan ?
     Seperti yang telah dijelaskan dimuka bahwa untuk mengukur kualitas suatu pelayanan ditentukan oleh penelian masyarakat pengguna jasa pos. Masyaraka pengguna jasa pos dapat menilai apakah pelayanan tersebut telah memenuhi harapan atau belum. Jika telah memenuhi harapan maka masyarakat pengguna jasa akan merasa puas secara tidak langsung memberikan penilain kualitas terhadap pelayanan yang diberikan telah memenuhi harapannya. Akan tetapi jika tidak sesuai dengan harapan maka kualitanya dinilai tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk melihat bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan PT. Pos Indonesia Kabupaten Semarang, berikut ini akan dijelaskan megenai penilaian masyarakat pengguna jasa terhadap pelayanan yang diberikan. Kualitas pelayanan disini diukur dari kehandalan (reliability), bukti langsung (Tangibles), daya tanggap (responsivitas).
1.      Kehandalan (reliability)
     Kehandalan yaitu kemampuan memberikan pelayanan dengan segera dan memuaskan. Kehandalan (reliability) meliputi kecepatan, kelancaran dan kemampuan pegawai dalam melayani pengguna jasa. Kecepatan dan kelancaran pelayanan dari Kantor Pos dilihat dari jangka waktu penyelesaian pekerjaan. Pelayanan dikatakan lancar apabila para pegawai menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Hal ini berarti bahwa mereka itu tidak menunda-nunda pekerjaannya, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan lancar.
2.      Fasilitas fisik (Tangibles)
     Fasilitas fisik yaitu kondisi sarana dan prasarana Kantor Pos. Kantor Pos mempunyai  beberapa sarana dan prasarana supaya bisa dimanfaatkan oleh pengguna jasa Kantor pos.  Kantor Pos sebagai lembaga pelayanan tentu berusaha untuk memberikan pelayanan agar dapat memenuhi kebutuhan dan haraan masyarakat (pelanggan). Dalam hal ini Kantor Pos harus dapat tanggap terhadapa kebutuhan pelayanan, dan juga tanggap terhadap kebutuhan masyarakat atas pelayanan lain yang lebih baik dan atas keluhan yang disampaikannya. Fasilitas fisik (Tangibles) dari Kantor Pos terlihat dari bagaimana Kantor Pos dalam memberikan atau menyediakan kebutuhan pelayanan.kebutuhan pelayanan disini mencakup segala sarana atau peralatan yang digunakan oleh pegawai Kantor Pos untuk melayani pelanggan. Oleh karenaitu Kantor Pos dituntut agar mempunyai fasilitas kerja yang memadahi agar dapat menghasilkan pelayanan yang berkualitas.
3.      Responsivitas
     Responsivitas adalah gambaran kemampuan organisasi untuk mengenali kebutuhan masyarakat, menyusun agenda dan proiritas pelayanan dan mengembangkan program-program pelayanan publik yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat. Sikap responsivitas Kantor Pos dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan lain yang lebih baik yang diinginkan oleh masyarakat diwujudkan dengan usahanya dalam mempercepat pengiriman benda-benda pos agar cepat sampai tujuan, menjaganya supaya terhindar dari bahaya kerusakan dan kehilangan serta menambah sejenis layanan yang lebih baik.

Foto-foto yang di Ambil Saat Survey
 

 

No comments:

Post a Comment