A. Bagaimana
cara membudayakan calon administrative professional beretika ditempat kerja, dilingkungan tempat
tinggal dan lingkungan sosialnya ?
B. Apa yang menjadi tantangan bagi para administrative
professional/sekretaris dimasa depan ?, dan pengembangan pribadi seperti apa
yang diperlukan untuk menghadapi tantangan tersebut ?
. A. Membudayakan calon administrative professional
a. Menampilkan
Citra Perusahaan. Citra
perusahaan adalah hal yang harus di junjung tinggi, karena sekretaris adalah
tangan kanan dan kepercayaan langsung bagi seorang Boss, seorang sekretaris
harus menampilkan citra perusahaan yang baik.
b. Baik dan
Bertanggung Jawab. Sekretaris
harus ramah, baik, dan punya sopan santun serta punya karakter yang tegas dan
rasa tanggung jawab yang tinggi. Sekretaris tidak hanya baik terhadap
Boss, tetapi harus baik kepada relasi dan kawan sekantor.
c. Pandai
Menjaga Rahasia. Sebagai
orang kepercayaan sekaligus tangan kanan Boss, sekretaris harus pandai mejaga
rahasia perusahaan dan menjunjung tinggi loyalitas terhadap perusahaan.
d. Tidak
Gaptek. Sekretaris harus lah mempunyai
wawasan luas di bidang nya, selalu up date dalam segala hal seperti
kemajuan teknologi.
e. Tahu Accounting
dan Pembukuan. Dua
hal ini penting bagi seoarang sekretaris agar dapat dengan mudah melakukan
pembukuan kantor.
f. Mampu
Berbahasa Asing. Menguasai
bahasa asing adalah nilai tambah yang harus di miliki oleh seorang sekretaris.
Karena biasanya sang Boss selalu mengajak meeting sekretarisnya untuk
mencatat hasil meeting (MOM) munite of meeting, kemudian
mengirimkan hasil meeting ke relasi lain.
g. Mempelajari
Karakter Boss. Agar
tidak selalu salah dalam mengambil keputusan , sekretaris harus mengenali
karakter atasanya. Dalam kurun waktu tertentu sekretaris dapat mempelajari
sifat atasan.
h. Mempunyai
Etika yang Baik. Sekretaris
harus memiliki etika yang baik dalam berbicara, duduk,dan makan karena itu
mencerminkan sekretaris yang professional dan mengangkat citra
perusahaan.
i.
Pandai Berbicara di Depan Publik. Seorang sekretaris harus mempunyai
keberanian berbicara di depan publik, kadang seorang atasan menyuruh seorang
sekretaris menggantikan meeting atau pun pertemuan dengan relasi lain,
maka sekretaris harus siap mental dalam hal ini.
j.
Seorang Sekretaris Harus SMART. Tidak hanya harus berpenampilan
menarik, setapi sekretaris harus mampu dalam segala hal, seorang sekretaris
harus cepat, cermat, dan tepat.
B. Tantangan bagi para Administrative dan
pengembangan diri
Ø Tantangan:
·
Memiliki sikap dan kepribadian yang
sesuai dengan posisinya sebagai sekretaris;
·
Memiliki berbagai pengetahuan yang
menunjang pekerjaan;
·
Terampil dalam memakai alat-alat kantor
yang berteknologi tinggi;
·
Terampil dalam mengolah kantor;
·
Cakap dalam berhubungan dengan pimpinan
dan orang lain;
·
Menguasai bahasa asing terutama Bahasa
Inggris sebagai bahasa internasional.
Ø Kemampuan
pengembangan:
o
Kemampuan
dan keterampilan yang harus dan mutlak dikuasi seorangsekretaris seperti
computer, bahasa inggris, shorthand dan filling;
o
Kemapuan
berkomunikasi dan interaksi;
o
Keterampilan
penggunaan mesin-mesin kantor (PABX, mesin printer, mesin fotokopy, scanner,
mesin fax, dll).
Hal-hal
yang perlu diperlukan:
a.
Team Work adalah mampu bekerja sama dalam team, tidak boleh
menganggap diri lebih hebat, meremehkan orang lain, menutup mata
pada keberhasilan dan kelebihan orang lain.
b.
Positif Thingking, selalu berfikir yang baik.
c.
Good Reminder, dalam hal ini lebih tertuju kepada schedule pimpinan, hari
ulangtahun pimpinan, karyawan, dan juga rekan bisnis.
d.
Discrete, tidak mudah membicarakan masalah seseorang atau perihal
yang diketahui kepada orang lain yang tidak berkepentingan.
e.
Tactful, bijaksana dan berhati-hati dalam memilih kata atau
berkomentar saat berhubungan dengan pimpinan atau pun orang lain.
f.
Tanggung jawab dalam bekerja, seorang sekretaris harus memiliki
komitmen dan sikap yang dilandasi rasa tanggung jawab pada tugas maka mereka
akan menyelesaikan tugas atau pekerjaannya. Untuk itu sekretaris harus melatih
diri untuk menjadi sekretaris yang penuh tanggung jawab,yang mampu bekerja
mandiri, bekerja tanpa pengawasan, bahkan dituntut untuk mampu mengawasi dirinya
sendiri.
g.
Kurangnya Wawasan atau Pengetahuan Seorang
Sekretaris, pada
zaman era globalisasi, sekretaris harus mengembangkan diri mengikuti
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
No comments:
Post a Comment