Thursday, October 12, 2017

NOTULEN

CONTOH



NOTULEN
WORKSHOP
PELATIHAN KESEKRETARIATAN


Disusun Guna Memenuhi Penilaian Tugas Kuliah
Mata Kuliah Kesekretarisan 2
Diploma III Administrasi Perkantoran


Disusun Oleh :

Betty Nugrahanti Mawengku
140204130600045





PROGRAM STUDI DIPLOMA III ADMINISTRASI PERKANTORAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
 UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2015
NOTULA
Workshop Pelatihan Kesekretarisan
Tips Wawancara dan Teknik Korespondesi Lamaran Kerja
D3 Administrasi Perkantoran FISIP UNDIP Semarang 2015


Hari dan Tanggal        : Senin, 28 September 2015
Waktu                         : 13.00 s.d selesai
Tempat                        : Hotel Neo Candi Semarang Lantai 1 Ruang Seminar
Pimpinan                     : Sulistyawati,S.pd. M.Par
Notulis                                    : Betty Nugrahanti Mawengku
Jumlah Peserta            : 103 Hadir
Pembahasan                :
Recruitment adalah serangkaian aktiviitas mencari dan memikat pelamar kerja dengan motivasi, kemampuan, keahlian, dan pengetahuanu yang diperlukan guna menutupi kekurangan yang diidentifikasi dalam perencanaan kepegawaian.

Tips wawancara atau interview seperti introduction (pengenalan diri tidak usah terlalu panjang), jujur (jangan mengada-ada atau menjawab pertanya kemana-mana tidak sesuai yang ditanyakan), siapkan jawaban atas pertanyaan yang mungkin ditanyakan, pakaian rapi dan wangi, percaya diri (tidak minder atau takut saat diwawancarai), tidak sombong, berdoa, berterima kasih dan ajukan pertanyaan jika disuruh untuk bertanya (biasanya orang yang mengajukan pertanyaan yang ada dasarnya itu akan lebih diterima kerja). Sebenernya interview itu hanya untuk melihat karakter seseorang.

Enam Hal Penting :
1.      Atitude/Sikap
v Percaya Diri
o   Tampil rapi, wangi, jaga penampilan sebaik-baiknya.
o   Cari tahu tentang perusahaan tempat Anda mencari kerja.
v  Tepat Waktu
·         Persiapkan segala sesuatunya sehari sebelumnya, seperti pakaian, pasang alarm,reminder
·         Atur/rencanakan waktu perjalanan ke tempat tujuan
·         Disiplin dengan apa yang sudah kalian tentukan sendiri
2.      Don’t Ever Say “No”
o   Jangan pernah mengeluh
o   Berbicaralah dengan kalimat positif
o   Hindari untuk menjawab dengan kata “Tidak”
3.      Jawablah sesuai Pertanyaan yang diberikan
4.      Motivasi Kerja
5.      Ajuakan pertanyaan bila memungkinkan
6.      Berterima kasih setelah selesai interview berakhir

Surat Lamaran kerja yang baik itu harus bisa menjual diri “Promosi”, harus memahami kritik dan saran, dan harus menguasai bahasa asing.

Yang Anda lakukan jika ingin mengirim surat lamaran kerja antara lain :
§  Siapkan Surat Lamaran dan Riwayat Hidup (Curriculum Vitae / CV)
§  Siapkan Semua Dokumen Pendukung (foto copy ijazah, foto copy magang, foto copy organisasi, dan dokumen-dokumen lainnya)

Surat lamaran kerja yang tidak boleh terlewatkan antara lain tanggal surat, isi surat, kontak,foto, tanda tangan. Surat lamaran lebih baik di tulis dalam bentuk full block style. Isi surat lamaran harus menunjukan ke inginan untuk mendapatkan tempat yang sesuai dengan kemampuan dan Anda juga ingin mendapat menambah pengalaman lagi yang belum saya dapatkan. Kemudian untuk pembuatan isi curriculum vitae, tunjukan dari mana Anda pernah kerja/magang/pelatihan kerja/ melakukan organisasi/ training atau bahkan kerja paruh waktu.


Semarang, 27 November 2015


Betty Nugrahanti Mawengku 
                                                                                                                      14020413060045

No comments:

Post a Comment