NOTULEN
WORKSHOP
PELATIHAN KESEKRETARIATAN
Disusun
Guna Memenuhi Penilaian Tugas Kuliah
Mata
Kuliah Kesekretarisan 2
Diploma
III Administrasi Perkantoran
Disusun
Oleh :
Betty
Nugrahanti Mawengku
140204130600045
PROGRAM STUDI DIPLOMA III ADMINISTRASI
PERKANTORAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2015
NOTULA
Workshop
Pelatihan Kesekretarisan
Tips
Wawancara dan Teknik Korespondesi Lamaran Kerja
D3
Administrasi Perkantoran FISIP UNDIP Semarang 2015
Hari dan Tanggal : Senin, 28 September 2015
Waktu : 13.00 s.d selesai
Tempat : Hotel Neo Candi Semarang Lantai 1 Ruang
Seminar
Pimpinan : Sulistyawati,S.pd. M.Par
Notulis : Betty Nugrahanti Mawengku
Jumlah Peserta : 103 Hadir
Pembahasan :
Recruitment
adalah serangkaian aktiviitas mencari dan memikat pelamar kerja dengan
motivasi, kemampuan, keahlian, dan pengetahuanu yang diperlukan guna menutupi
kekurangan yang diidentifikasi dalam perencanaan kepegawaian.
Tips
wawancara atau interview seperti introduction (pengenalan diri tidak usah
terlalu panjang), jujur (jangan mengada-ada atau menjawab pertanya kemana-mana
tidak sesuai yang ditanyakan), siapkan jawaban atas pertanyaan yang mungkin
ditanyakan, pakaian rapi dan wangi, percaya diri (tidak minder atau takut saat
diwawancarai), tidak sombong, berdoa, berterima kasih dan ajukan pertanyaan
jika disuruh untuk bertanya (biasanya orang yang mengajukan pertanyaan yang ada
dasarnya itu akan lebih diterima kerja). Sebenernya interview itu hanya untuk
melihat karakter seseorang.
Enam
Hal Penting :
1. Atitude/Sikap
v Percaya
Diri
o
Tampil rapi, wangi, jaga penampilan
sebaik-baiknya.
o
Cari tahu tentang perusahaan tempat Anda
mencari kerja.
v Tepat
Waktu
·
Persiapkan segala sesuatunya sehari
sebelumnya, seperti pakaian, pasang alarm,reminder
·
Atur/rencanakan waktu perjalanan ke
tempat tujuan
·
Disiplin dengan apa yang sudah kalian
tentukan sendiri
2.
Don’t Ever Say “No”
o
Jangan pernah mengeluh
o
Berbicaralah dengan kalimat positif
o
Hindari untuk menjawab dengan kata
“Tidak”
3.
Jawablah sesuai Pertanyaan yang
diberikan
4.
Motivasi Kerja
5.
Ajuakan pertanyaan bila memungkinkan
6.
Berterima kasih setelah selesai
interview berakhir
Surat Lamaran kerja
yang baik itu harus bisa menjual diri “Promosi”, harus memahami kritik dan
saran, dan harus menguasai bahasa asing.
Yang Anda lakukan jika
ingin mengirim surat lamaran kerja antara lain :
§ Siapkan
Surat Lamaran dan Riwayat Hidup (Curriculum Vitae / CV)
§ Siapkan
Semua Dokumen Pendukung (foto copy ijazah, foto copy magang, foto copy
organisasi, dan dokumen-dokumen lainnya)
Surat
lamaran kerja yang tidak boleh terlewatkan antara lain tanggal surat, isi
surat, kontak,foto, tanda tangan. Surat lamaran lebih baik di tulis dalam
bentuk full block style. Isi surat lamaran harus menunjukan ke inginan untuk
mendapatkan tempat yang sesuai dengan kemampuan dan Anda juga ingin mendapat
menambah pengalaman lagi yang belum saya dapatkan. Kemudian untuk pembuatan isi
curriculum vitae, tunjukan dari mana Anda pernah kerja/magang/pelatihan kerja/
melakukan organisasi/ training atau bahkan kerja paruh waktu.
Semarang, 27
November 2015
Betty Nugrahanti
Mawengku
14020413060045
No comments:
Post a Comment